Asyiknya Mengintip Aplikasi Terbaru Facebook

facebook logo

Kian hari Facebook kian menjadi. Meski sempat bersaing ketat dengan Twitter, akan tetapi pada tahun 2012 ini Facebook masih menduduki posisi teratas untuk jejaring sosial terpopuler. Banyak inovasi yang akan terus ditingkatkan oleh Tim Facebook. Salah satunya yang sudah diperkenalkan adalah tampilan Facebook TimelineApa Anda sudah memakai Facebook Timeline? Selain itu, sempat saya membaca pada suatu artikel dan berita online bahwa Facebook akan meluncurkan beberapa aplikasi terbarunya.

Banyaknya pengguna yang beralih ke jejaring sosial Facebook memungkinkan untuk saling berbagi informasi kegiatan antara teman yang satu dengan yang lainnya. Tingkat interaksi akan semakin mudah. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tambahan tersebut diharapkan mampu saling berbagi pengalaman atau kreatifitas ke sesama teman di Facebook.

Aplikasi tersebut dirancang untuk menjadi “frictionless” atau gesekan pengalaman. Beberapa perusahaan jaringan online membangun lebih dari 60 aplikasi baru yang bisa digunakan oleh pengguna Facebook dan di-share ke timeline. Pengguna bisa berbagi berbagai pengalaman atau kegiatan mereka. Baik itu mendengarkan musik maupun sekadar membaca artikel berita. Untuk masalah keamanan dan privasi akan disediakan sehingga pengguna dapat membatasi siapa saja yang bisa melihat dan mengikuti kegiatan mereka.

“We think that thousands of applications will be built on this platform in the coming weeks and months,” said Carl Sjogreen, Facebook director of platform products, at the launch of the apps in San Francisco.

“Kami berpikir bahwa ribuan aplikasi akan dibangun pada platform ini pada minggu dan bulan mendatang,” kata Carl Sjogreen, Facebook direktur produk platform, pada peluncuran aplikasi di San Francisco.

Penasaran dengan aplikasinya? Contoh aplikasinya adalah misalnya saja, pengguna Facebook bisa menggunakan aplikasi Foodily untuk memasak resep ayam lemon. Bila seorang teman melihat kegiatan yang di dalam feed/timeline, mereka dapat bergabung dan mencoba memasak resep yang sama. Contoh lainnya seperti yang disebutkan di acara pers Facebook di San Fransisco adalah Spotify merupakan contoh dari aplikasi “frictionless” yang sudah muncul di Facebook. Bila pengguna sedang mendengarkan lagu di Spotify, tindakan yang secara otomatis akan ditayangkan di Facebook dan teman yang lainnya dapat bergabung untuk mendengarkan musik tersebut, dengan asumsi mereka memiliki aplikasi Spotify diaktifkan pada akun mereka.

Hingga kini Tim Facebook masih melakukan peninjauan kepada developer atau pengembang aplikasi Facebook agar memenuhi kriteria dan ketentuan yang telah ditetapkan tim developer Facebook. Adapun beberapa aplikasi yang sudah bisa ditemukan di Facebook, sebagai berikut.

Buku

– Goodreads
– Kobo

Makanan

– Cookpad
– Foodily
– Foodspotting
– Snooth
– Urbanspoon
– Yummly

Fitness

– MapMyRun
– Runkeeper

Penggalangan Dana

– Artez.com
– Causes
– Fundrazr

Permainan

– Ford
– OMGPOP: Draw My Thing
– Wooga: Bubble Island, Diamond Dash
– Zynga: Words with Friends, Castleville

Pekerjaan / Pendidikan

– BranchOut
– Courserank
– Grockit
– Monster

Belanja / Fashion

– eBay
– Fab.com
– Giftrocket
– LivingSocial
– Oodle
– Payvment
– Pinterest
– Polyvore
– Pose

Tiket

– ScoreBig
– StubHub
– Ticketfly
– Ticketmaster

Perjalanan

– Airbnb
– Gogobot
– TripAdvisor
– Where I’ve Been
– Wipolo

Video / Film

– Cinemur
– Dailymotion
– Metacafe
– Rotten Tomatoes

Miscellaneous

– Appsfire
– Artfinder
– Autotrader
– Color
– Foursquare

Mungkin dari beberapa aplikasi tersebut ada yang sudah tidak asing lagi bagi yang sering online dengan Facebook, seperti Foursquare, Castleville, dan Zynga. Masih banyak aplikasi-aplikasi terbaru dari Facebook yang akan bermunculan dan semakin menarik. Sekarang kembali kepada pengguna akan menggunakannya seperti apa.

Demikian ulasan mengenai aplikasi Facebook. Bila ada yang memiliki pendapat atau saran, jangan lupa share di sini. :) Tanpa bermaksud menggurui, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s